Kamis, Oktober 16, 2014

Menggarap Open BTS di Tanah Papua Yudhianto - detikinet Rabu, 15/10/2014 14:38 WIB

Posted by Blogger Name. Category:

Menggarap Open BTS di Tanah Papua Yudhianto - detikinet Rabu, 15/10/2014 14:38 WIB
Jakarta - Daerah terpencil dengan akses transportasi sulit umumnya kurang dilirik oleh operator telekomunikasi. Namun justru disitulah teknologi Open BTS malah sangat berguna, seperti yang telah diimplementasikan di salah satu daerah terpencil dekat Wamena.

Alasan operator seluler enggan mengembangkan layanannya di daerah terpencil adalah karena biaya yang tak sedikit. Apalagi jumlah penggunanya juga tak sebanyak di daerah perkotaan. Karena itu daerah terpencil pun kerap dianaktirikan.

Namun Kurtis Heimerl, CEO Endaga, mengatakan ini justru peluang untuk mengimplementasikan teknologi Open BTS. Dikatakannya teknologi Open BTS tak membutuhkan banyak biaya, namun sudah bisa membuat orang-orang yang tinggal di daerah terpencil saling berkomunikasi seperti pengguna ponsel di kota besar.

“Saat pertama kali diperkenalkan teknologi Open BTS memang masih lumayan mahal yakni senilai USD 10 ribu per unitnya. Tapi sekarang harganya telah mencapai angka USD 6 ribu, bahkan juga ada yang telah menjualnya seharga USD 5 ribu,” ujar Heimerl kepada detikINET, Rabu (15/10/2014).

Open BTS adalah teknologi telekomunikasi seperti yang ditawarkan oleh operator-operator seluler ternama. Bedanya, bila BTS milik operator seluler bisa menghubungkan penggunanya ke berbagai daerah, Open BTS hanya menghubungkan pengguna secara lokal, tergantung seberapa jauh Open BTS bisa meng-cover wilayah jangkauannya.

Heimerl sendiri telah mengimplementasikan teknologi Open BTS di daerah pedalaman Papua yang berjarak 4 jam berkendara dari Wamena. Di situ Open BTS miliknya meng-cover jaringan seluler secara lokal hingga jarak sekitar 3 sampai 5 km.

Dalam jangkauannya, open BTS Heimerl melayani sekitar 500 orang pelanggan. Menariknya, tak hanya menyuguhkan komunikasi telepon dan sms secara lokal bagi warga di daerah tersebut, open BTS yang berjalan atas nama Endaga tersebut ternyata juga bisa terhubung ke nomor operator seluler lain
“Bisa, (terhubung ke operator seluler lain) karena banyak pengguna open BTS di daerah yang kami cover memiliki keluarga di daerah lain. Dengan hadirnya open BTS, mereka jadi bisa menghubungi keluarga mereka. Dan mereka sangat gembira akan hal itu,” imbuh Heimerl.

Namun seperti halnya layanan seluler komersial, ada tarif yang tetap harus dibayar oleh pengguna open BTS Endaga. Heimerl mengatakan tarif SMS menggunakan layanannya dihargai sebesar Rp 200 per SMS, sedangkan untuk melakukan penggilan telepon Rp 500 tiap menitnya.

Berbekal kesuksesannya tersebut, Heimerl pun berharap pihak pemerintah bisa melonggarkan regulasinya terkait penggunaan open BTS, khususnya untuk daerah-daerah terpencil di Indonesia. Heimerl juga menekankan soal penggunaan frekuensi.

“Frekuensi di daerah-daerah terpencil hampir tak pernah digunakan sama sekali, jadi sayang bila tak dimanfaatkan,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

INDONESIA TIMUR NETWORK

Kami lebih pengalaman di Indonesia Timur, untuk Pengerjaan sarana Telekomunikasi.

Indonesia Timur Network

Office Papua : Jl Raya Abepura Kota raja Jayapura Selatan
99351 Kota Jayapura Indonesia
Telepon : +62 967 582229
Email : Sejahtera.Pulauku@gmail.com

INDONESIA TIMUR NETWORK

Dengan sumber Manusia yang semua Putra Dearah, Maka kami ada di setiap kabupaten di Wilayah Indonesia Timur.
Prop. Papua, Papua Barat, Maluku,Maluku Utara