Minggu, Januari 19, 2014

BERITA INDONESIA TIMUR

Posted by Blogger Name. Category:

Biaya Internet di Indonesia Timur Rp6 Juta Sebulan

Metrotvnews.com, Jakarta: Penetrasi internet Indonesia sekitar 28 persen dari penduduk Indonesia yang berjumlah 248 juta jiwa. Karenanya, pemerintah perlu memberikan insentif dan kemudahan-kemudahan agar ISP dan pemangku kepentingan lain nyaman berusaha, terutama untuk merangsang penetrasi internet di Indonesia timur. Soalnya, biaya internet di Indonesia timur amat mahal.

Pasalnya, perbedaan medium yang digunakan menyebabkan disparitas harga jasa internet di Indonesia bagian barat dan timur besar. Ketua Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet (APJI) Sammuel A Pangerapan mencontohkan dengan kapasitas internet yang sama pengguna jaringan internet di barat Indonesia hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp300 ribu per bulan. Tapi, pengguna internet di Indonesia bagian Timur yang menggunakan satelit harus mengeluarkan biaya sekitar Rp6 juta per bulan.

"Yang perlu dilakukan misalnya insentif bagi penyedia jasa yang melakukan penetrasi di daerah tertinggal. Ini bisa menjadi solusi," jelas dia di Jakarta, Rabu (15/1).

Berdasar survei Penggunaan dan Penyerapan Sarana Komunikasi Teknologi Informasi (P2SKTI) yang dilakukan Badan Pusat Statistik terhadap tiga sektor usaha, yakni manufaktur, perhotelan, dan restoran, menunjukkan bahwa kalangan industri di Sulawesi Utara sudah seluruhnya melek internet. Dari survei tersebut diperoleh gambaran seluruh perusahaan di Sulawesi Utara menggunakan komputer dan internet (100%), Kalimantan Barat (94,12%), DKI Jakarta (90,83%). Provinsi dengan penggunaan komputer dan internet terendah ialah Maluku Utara (40%). (Ayomi Amindoni)

Editor: Wisnu AS

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

INDONESIA TIMUR NETWORK

Kami lebih pengalaman di Indonesia Timur, untuk Pengerjaan sarana Telekomunikasi.

Indonesia Timur Network

Office Papua : Jl Raya Abepura Kota raja Jayapura Selatan
99351 Kota Jayapura Indonesia
Telepon : +62 967 582229
Email : Sejahtera.Pulauku@gmail.com

INDONESIA TIMUR NETWORK

Dengan sumber Manusia yang semua Putra Dearah, Maka kami ada di setiap kabupaten di Wilayah Indonesia Timur.
Prop. Papua, Papua Barat, Maluku,Maluku Utara